Sabtu, 02 November 2013

Fakta unik tentang tumbuhan

Fakta Unik: Semua Tentang Tanaman
Pada saat ini satu satunya penetral pemanasan global dan efek rumah kaca adalah tumbuhan. Tumbuhan secara umum membutuhkan CO2 dan mengeluarkan O2 itu jika pada siang hari, sebaliknya terjadi pada saat malam hari. Tumbuhan yang berfungsi vital sebagai AC alami ini sangat dibutuhkan semua makhluk hidup. Tumbuhan dan tanaman berbeda, Tumbuhan adalah semua jenis mahluk yang melakukan proses fotosintesis termasuk didalamnya adalah tanaman. ( Tanaman pangan, tanaman industri, tanaman sayur, tanaman pertanian dll ). Tumbuhan lebih umum dan lebih luas pengertiannya.
Bisa dibayangkan tidak, dunia tanpa tumbuhan ...? Pasti sumpek banget dan makhluk seperti kita beserta binatang-binatang di dunia pasti mati karena kehabisan oksigen. Yup, tanaman adalah makhluk hidup yang memiliki nilai sangat penting dalam ekosistem bumi kita yang semakin panas ini. Dan dunia tumbuhan memiliki beraneka ragam jenis dan keunikan yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Fakta fakta tersebut sebagai berikut ini:
11
“Jika terancam binatang atau infeksi, tumbuhan bisa membunuh sebagian tubuhnya sebagai bagian strategi perlindungan jangka panjang,” kata pakar di Vienna University.
Dalam kasus infeksi, kematian bagian tertentu juga berarti infeksi akan ikut mati. Alasan lain tanaman mengorbankan sebagian tubuhnya untuk membuat kurang menarik, sehingga mamalia dan serangga mencari makanan di tempat lain.
Pemimpin penelitian Andreas Bachmair dari departmen biochemistry dan cell biology di Vienna University mengatakan, sering kali kita salah menilai ozon sebagai penyebab kerusakan tanaman itu.
“Tanaman sepanjang waktu membuat program untuk menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan. Meskipun ada kematian di beberapa bagian, tapi intinya masih tetap hidup,” jelasnya.
Bachmair menyatakan tanaman mengembangkan strategi berbeda dibandingkan binatang yang bisa lari jika ada bahaya. Tim itu kini meneliti hubungan bunuh diri itu dengan cara bertahan hidup di saat musim dingin. Mirip dengan binatang, tanaman juga memiliki sistem imun dalam bentuk senjata kimia untuk memerangi ancaman misalnya jamur.
Dunia tumbuhan juga memiliki beraneka ragam jenis dan keunikan yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Berikut adalah tanaman yang unik di alam semesta kita, namun saking unik dan langkanya, bentuknya terlihat menyeramkan, tetapi masih segar bila dipandang. Berikut fakta unik mengenai tanaman:
1. Welwitschia Mirabilis
Memang tumbuhan yang satu ini tidak terlihat menarik, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa. Tumbuhan ini hanya punya dua daun, satu batang dan sistem akar. Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. Batang tanaman ini makin lama juga akan makin tebal, tetapi tidak meninggi. Tinggimaksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter.
Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad! Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya. Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga yang berarti bawang padang pasir ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara api.
2. Bleeding Tooth Fungus (Jamur Gigi Berdarah)
Tumbuhan ini juga disebut stroberi dan krim, jus gigi merah, dan gigi iblis. Terlihat seperti keringat darah kan? Tumbuhan ini bisa dimakan

3. Dionaea Muscipula
Tanaman satu ini adalah tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan "Daun" yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya.

4. Rafflesia Arnoldii
Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Bayangkan ukuran bunganya yang dapat mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg sampai 12 kg. Tapi keunikan dari bunga ini adalah karena aromanya yang tidak sedap, malah lebih mendekati aroma busuk. Oleh karena itu, bunga ini disebut bunga bangkai di negara kita, yang merupakan habitat asli bunga ini.
Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Sayangnya, dari hasil pembuahan, hanya 10-20 persen saja yang berhasil tumbuh.
rafflesia-arnoldi
Bunga Rafflesia memang termasuk bunga dengan ukuran paling besar di dunia. Tanaman ini memang bisa tumbuh dengan lebar hingga 1 meter. Tanaman yang hanya muncul di hutan Sumatera dan Kalimantan ini bisa mencapai tinggi 1 meter hingga 3 meter. Tanaman yang memiliki nama latin Amorphophallus titanum atau dikenal dengan nama The Titan Arum ini mempunyai bobot mencapai 80 kg. Pada uang kertas 500 rupiah jaman dulu, tampak gambar bunga bangkai yang pernah ditemukan di pedalaman Sumatera.

5. Doll’s Eye (Mata Boneka)
Disebut juga “white baneberry.”


6. Desmodium Gyrans
Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum, atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih modern lagi Codariocalyx Motorius. Nama yang biasa dikenal adalah Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), karena gerakan daunnya, yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tanaman ini mudah sekali untuk tumbuh, hanya butuh cahaya matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit.

7. Euphorbia Obesa
Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengoleksinya, sehingga populasinya menjadi sangat sedikit. Akhirnya tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan.

8. Amorphophallus Titanum
Bunga yang satu ini tinggi besar, bahkan lebih tinggi dari manusia. Bunga ini mendapat julukan bunga bangkai, karena selain baunya yang memang mirip bangkai, juga warnanya meniru daging yang membusuk. Bunga ini ternyata juga dikenal luas di masyarakat dunia sebagai salah satu tumbuhan asli Indonesia.
9. Chinese Black Batflowers (Bunga Kelelawar Hitam China)
Buah tanaman ini menggantung sehingga terlihat seperti kelelawar tidur terbalik, seperti gambar diatas.


10. Baobab
Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar, Afrika dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya yang memang mirip botol, pohon ini ternyata memang dapat meyimpan sampai dengan 300 liter air. Selain itu, pohon ini juga dapat tumbuh sampai 500 tahun.
11. Dracaena Cinnabari
Tanaman ini merupakan tanaman asli yang terdapat di Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama Pohon Darah Naga atau Pohon Naga Socotra. Bentuknya yang unik, seperti payung, ternyata hanya satu dari uniknya pohon ini. Nama darah naga dari pohon ini ternyata diambil dari getah pohon ini yang berwarna merah. Persis seperti darah naga di Harry Potter, ternyata 'darah naga' dari pohon ini berguna untuk pengobatan. Selain itu, ternyata warna merah 'darah naga' pohon ini juga sering digunakan sebagai pewarna merah alami.
12. Sea Anemone Mushroom / Octopus Stinkhorn
Berasal dari australia begitu tanaman ini dewasa, mereka meletuskan tentakel merahnya yang mengerikan dan mengeluarkan bau untuk menarik lalat, yang kemudian menelan korbannya kedalam “gleba” dan mencernanya.
13. Devil’s Claw (Cakar setan)
Adalah jenis tumbuhan perangkap yang bisa melekat ke pakaian Anda ketika Anda berjalan melaluinya, meskipun kecil tetap terlihat mengganggu, karena terlihat seperti binatang laba-laba.
Tanaman ini dari Arizona, di mana mereka digunakan oleh penduduk pribumi untuk menenun keranjang. Tanaman jenis ini dirancang untuk mengait pada kaki hewan yang lewat, yang kemudian akan menghisap binatang yang terjebak kedalam tanah dan menghancurkannya sebelum tanaman ini memproduksi biji-bijian lalu melepaskanya dipermukaan
14. Selaginella Lepidophylla
Nama lain bunga ini adalah Bunga Jericho, tumbuhan gurun pasir ini dikenal atas kemampuannya bertahan bahkan di saat kekeringan. Pada saat musim kering, batangnya akan mengerut dan menggulung menjadi bola. Dan begitu ada air, batang tadi akan melepaskan diri dari gulungannya. Tanaman ini banyak ditemui di gurun Chihuahua.

15. Hura Brasiliensis
Tanaman ini ternyata merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Julukan lainnya yaitu pohon neraka, atau ada juga yang menjuluki pohon kotak pasir (sandbox tree). Batang pohon ini ditutupi duri tajam. Selain itu, getah pohon ini ternyata beracun dan banyak digunakan oleh penduduk setempat untuk membubuhi racun pada mata panah mereka. Selain itu, pohon ini juga ternyata dapat berbuah. Begitu matang, buah pohon ini akan meledak. Bahkan kekuatan ledakan pohon ini sanggup melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja lewat di dekat pohon ini.
16. Porcupine Tomato (Tomat Landak)
Tanaman ini berasal dari Madagaskar, julukannya Little Australia. Selain duri yang tajam dan beracun, tomat landak adalah spesies yang berpotensi invasif, karena sulit untuk mati, bahkan dalam kekeringan.
Tanaman ini menyebar cepat, dan dapat mencapai tinggi 8 meter, dalam jumlah yang relatif singkat.
17.Cedar-Apple Rust Fungus (Cedar-Apel Jamur Karat)
CARF adalah infeksi jamur yang menyerang cedar dan pohon apel. Ia dapat menghasilkan bola jamur globular di mana saja dari 1/4 inci sampai 2 inci dengan diameter dan kantung “tanduk spora” ketika cuaca basah, mengubahnya menjadi seperti bola Koosh dari neraka.
18. Buddha’s Hand (Tangan Buddha)
Tangan Buddha adalah buah jeruk yang populer di Cina dan Jepang dengan aroma yang kuat.
19. Ubi Raksasa
ubi
BIREUEN – Ubi seberat 50 kg ditemukan seorang petani di Desa Alue Krub Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Bireuen, Rabu (29/4) sore di kebunnya. Ubi tersebut ditanam dua tahun lalu. Basri (51) dan istrinya Murni (49), petani yang menemukan ubi tersebut kepada wartawan, Kamis (30/4) sore mengaku terkejut saat mencabut batang ubi itu memiliki ubi “raksasa.” Melihat ubi begitu besar, ia langsung memberitahukan kepada warga lainnya. Seketika itu, puluhan orang kemudian melihat ubi dimaksud. Basri yang ditemui dirumahnya mengatakan, mereka sama sekali tidak menyangka, kalau batang ubi yang selama ini ditanamnya untuk batas pagar rumah, dan daunnya sering dipetik bersama warga untuk sayur memiliki buah yang sangat sebesar.
Dikatakan, batang ubi kayu itu tingginya dua meter dan cabangnya sekitar tiga meter. Rabu kemarin dipotong karena secara kebetukan dua pekerja bangunan sedang menggali lubang untuk membuat pondasi pagar, disekeliling rumah mereka. “Ketika sedang istirahat usai makan siang saya dan dua pekerja, penasaran melihat gundukan tanah di samping pondasi rumah tersebut. Betapa terkejutnya setelah kami gali, ternyata ubinya besar sekali. Setelah dua jam menggali, akhirnya berhasil diangkat,” terang Basri. Ditambahkan Murni, walaupun mereka yang menanam pohon ubi kayu putih itu, tapi warga lainn sering mengambil daunnya. “Seumur hidup saya, baru hari ini melihat ada ubi kayu putih sebesar ini. Kemarin ada yang menawarkan agar dijual ke pasar, tapi saya tak mau, karena rencananya ubi ini mau saya makan bersama keluarga dan saya bagikan kepada tetangga,” jelasnya. Tetapi sebelum dibagikan-bagikan, tambah Murni, rencananya ubi itu akan disimpan dulu sekitar tiga hari. Tujuannya, kata Basri lagi, mungkina ada warga yang ingin melihatnya, bisa datang langsung ke rumahnya.
Posting Komentar